Inilah 5 Sensor Keamanan Biometrik pada Smartphone yang Harus Kalian Ketahui


Inilah 5 Sensor Keamanan Biometrik pada Smart phoneyang Harus Kalian Ketahui

Isu keamanan data diri dan privasi saat ini tengah menjadi sebuah isu yang cukup menyita perhatian berbagai pihak. Tidak terkecuali bagi para pengembang perangkat smartphone, hal tersebut juga menjadi sebuah perhatian khusus yang saat ini terus diperhatikan dan dikembangkan.
Jika dulu sebuah sistem keamanan password, pattern dan PIN dianggap telah cukup menjamin keamanan sebuah smartphone, saat ini telah banyak berkembang sistem keamanan canggih lain yang memanfaatkan berbagai anggota tubuh (biometrik).

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan mengulas berbagai sensor keamanan biometrik yang telah hadir pada smartphone :

1. Suara (Voice Recognition)

Setiap orang memiliki jenis suara yang berbeda-beda, bahkan memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, fitur Voice Recognition ini dianggap cukup ampuh digunakan untuk menjaga keamanan data diri dan privasi.

2. Sidik Jari (Fingerprint Scanner)

Sistem keamanan menggunakan sidik jari ini merupakan sistem keamanan biometrik yang telah umum dan banyak ditemui di berbagai perangkat smartphone saat ini. Sistem sidik jari sendiri cukup wajar untuk digunakan. Pasalnya menurut perhitungan seorang Ilmuwan Inggris bernama Francis Galton, hanya ada kemungkinan 1 banding 64 miliar terkait kesamaan sidik jari pada setiap orang.
Samsung kabarnya akan menggunakan kamera utama dalam memanfaatkan palm scanner. Dilansir dari Engadget, walaupun sudah didaftarkan secara resmi, Samsung belum membeberkan teknologi ini akan digunakan pada Galaxy S9 atau tidak.

3. Mata (Iris dan Retina Scanner)

Salah satu sistem keamanan yang juga seringkali hadir, terutama pada smartphone flagship adalah Iris dan Retina Scanner. Microsoft Lumia 950 hingga seri Samsung Galaxy S8 merupakan beberapa smartphone yang memilikiIris dan Retina Scanner sebagai sistem keamanan yang dimilikinya. Lalu bagaimana sistem keamanan ini bekerja untuk menjaga keamanan? Iris dan Retina Scanner ini bekerja dengan cara membaca pola unik yang terdapat pada area mata penggunanya.

4 Wajah (Face Recognition)

Sistem pemindaian wajah mungkin menjadi yang paling dibicarakan banyak orang akhir-akhir ini. Yang pertama hadir pada perangkat Android yang bisa mengaktifkan fitur pemindai wajah melalui fitur Trusted Face untuk membuka smartphone berbekal wajah milik pengguna.
Yang terbaru hadir pada perangkat iPhone X, Apple menanamkan sistem keamanan FaceID miliknya sebagai sebuah sistem keamanan yang cukup sulit untuk dibobol oleh peretas.

5. Telapak Tangan (Palm Scanner)
Sistem keamanan satu ini rencananya juga akan digunakan sebagai salah satu sistem keamanan biometrik di masa mendatang. Pasalnya tepalak tangan juga memiliki pola guratan yang berbeda di setiap orang.
Itulah berbagai sensor keamanan biometrik pada smartphone yang harus kalian ketahui. Menurut kalian, manakah sistem keamanan yang paling efektif untuk digunakan?


0 Response to "Inilah 5 Sensor Keamanan Biometrik pada Smartphone yang Harus Kalian Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel