Ini Dia Doa yang Sering Dipanjatkan Rasulullah, Terdengar Hingga Langit Ketujuh

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh - Kali Ini Saya Akan Membagikan Sebuah Artikel Dengan Tema " Ini Dia Doa yang Sering Dipanjatkan Rasulullah, Terdengar Hingga Langit Ketujuh Ini Dia Doa yang Sering Dipanjatkan Rasulullah, Terdengar Hingga Langit Ketujuh" , Yuk Kita Simak Penjelasan Tentang Di Bawah Ini.



Sedikitnya ada dua doa yang sering dipanjatkan Rasulullah. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam sering kali melantunkannya siang dan malam. Bahkan acap kali waktu berdoa, Rasulullah selalu menambah doa tersebut. Apa saja dua doa yang sering dilantunkan sang manusia terbaik utusan Allah? Berikut rinciannya.

1. Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Shahabat Rasulullah, Anas bin Malik mengabarkan bahwa Rasulullah sangat memperhatikan doa kebaikan dunia dan akhirat. Inilah doa yang sering Rasulullah panjatkan. Anas berkata, "Doa Nabi yang paling sering diucapkan ialah:

Rabbana aatina fid-dunya hasanah, wafi-l aakhirati hasanah, waqinaa adab-an-naar
Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.



Doa tersebut juga pernah dianjurkan Rasulullah untuk dibaca seorang yang sakit. Dikisahkan bahwa suatu hari Rasulullah menjenguk seorang yang sakit parah dan sangat mengenaskan. Rasulullah lalu menanyakan mengapa pria tersebut ditimpa penyakit yang parah.

“Apakah engkau sebelumnya pernah berdoa atau meminta sesuatu pada Allah?” tanya Rasulullah.

Pria itu pun menjawab, “Ya. sebelumnya aku pernah berkata, ‘Ya Allah, hukuman yang akan Engkau timpakan padaku di akhirat, segerakanlah atas diriku di dunia ini.”

Rasulullah pun berkata, “Subhanallah, engkau tak akan sanggup memikulnya. Mengapa engkau tidak berdoa; Rabbana aatina fid-dunya hasanah, wafi-l aakhirati hasanah, waqinaa adab-an-naar (Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka).”

Makna doa di atas sangatlah luas. Kebaikan yang dipanjatkan dalam doa tersebut mencakup segala kebaikan dunia dan akhirat. Di dunia ini, maka kebaikan tersebut berupa kesehatan, rezeki lapang, jodoh shalih/shalihah, anak yang berbakti, rumah yang nyaman, ketentraman hidup, dan lain sebagainya dari segala kenikmatan dunia.

2. Doa Keteguhan Hati

Rasulullah juga sering kali membaca doa agar dianugerahi keistiqamahan di atas agama-Nya. Hal ini diriwayatkan oleh Ummul Mukminin, Ummu Salamah. Suatu hari Ummu Salamah ditanya, “Wahai Ummul Mukminin, doa apa yang sering dipanjatkan Rasulullah saat berada di sisimu?”

Ummu Salamah pun menjawab, “Rasulullah sering membaca;

Yaa muqalliba-l quluub, tsabit qalbii ‘alaa dinika
Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu



Ummu Salamah pernah bertanya pada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau lebih sering berdoa Yaa muqalliba-l quluub, tsabit qalbii ‘alaa dinika (Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu)?”

Rasulullah pun menjawab, “Wahai Ummu Salamah, hati manusia itu selalu berada di antara jari jemari Allah. Barang siapa yang Allah kehendaki, maka Dia akan memberikan keteguhan iman. Namun Allah pun bisa menyesatkan siapa saja yang Ia kehendaki.”

Semoga Artikel Ini " Ini Dia Doa yang Sering Dipanjatkan Rasulullah, Terdengar Hingga Langit Ketujuh " Bermanfaat Untuk Kita Semua

Sumber:

www.muslimahdaily.com

0 Response to "Ini Dia Doa yang Sering Dipanjatkan Rasulullah, Terdengar Hingga Langit Ketujuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel